Juknis Sulingjar Dikdasmen Tahun 2023


KKG MENGANTI-
Juknis Sulingjar Dikdasmen Tahun 2023 - Survei Lingkungan Belajar untuk Pendidikan Dasar dan Menengah telah diinisiasi seiring dengan kebijakan Merdeka Belajar dan diterapkan pertama kali sejak tahun 2021.

Sebagai bagian dari Evaluasi Sistem Pendidikan, Survei Lingkungan Belajar ini diharapkan secara konstruktif memberikan informasi dan pemahaman tentang keadaan dan tantangan pendidikan pada jenjang dasar dan menengah, sekaligus sebagai masukan untuk memformulasikan kebijakan pendidikan dasar dan menengah di masa depan.

Hasil Survei Lingkungan Belajar dengan sendirinya menjadi ukuran dasar dalam menafsirkan ulang kerangka kerja pendidikan dasar dan menengah mulai dari level kebijakan hingga pada tataran teknis di Satuan Pendidikan. Tri Pusat Pendidikan yaitu keluarga, masyarakat, dan Satuan Pendidikan diharapkan secara sinergis mengambil tanggung jawab yang proporsional dalam mengoptimalkan perkembangan anak secara fisik-motorik, kognitif, sosial, emosional, moral, dan spiritual pada jenjang pendidikan dasar dan selanjutnya penguatan dan pengembangan potensi dominan pada jenjang pendidikan menengah. Dan itu dimulai dengan memastikan terfasilitasinya pembelajaran yang terpusat pada peserta didik dengan lingkungan belajar yang kondusif.
Pada saat yang sama, Satuan Pendidikan dasar dan menengah diharapkan lebih termotivasi untuk mengembangkan kapasitas dalam membawa perubahan pendidikan di Satuan Pendidikan.

Dengan dukungan survei lingkungan belajar, Satuan Pendidikan memiliki peluang dengan cara yang tepat untuk melakukan eksplorasi profesional dalam upaya untuk mendukung kesejahteraan, perkembangan, dan pembelajaran peserta didik.

Untuk itu, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim penyusun Petunjuk Teknis ini, sebagai penyelaras visi, gagasan, dan tindakan dari berbagai pihak yang berkepentingan dengan pendidikan dasar dan menengah. Sekaligus, Kami juga tetap berharap masukan-masukan yang konstruktif dari berbagai pihak untuk penyempurnaan dokumen ini. Akhirul kalam, semoga bermanfaat adanya.
Selengkapnya untuk download Juknis Sulingjar Dikdasmen Tahun 2023 bisa UNDUH DISINI

Posting Komentar

0 Komentar